Senin, 15 November 2010

Buron Teroris Syahrir Ahli Mesin Pesawat Terbang

Jumat, 21 Agustus 2009 12:17 WIB

Jakarta, (tvOne)

Kepolisian RI mengumumkan empat nama orang dalam daftar pencarian orang (DPO) alias buron kasus terorisme pada Rabu 19 Agustus 2009. Salah satunya adalah Muhammad Syahrir alias Aing, yang belakangan diketahui sebagai ahli mesin pesawat terbang dan pernah bekerja di Garuda Indonesia.

Menurut mantan rekan kerjanya di Garuda Indonesia sekaligus eks tetangga, Budi, Syahrir dikenal sebagai sosok yang baik. Hubungan keduanya relatif baik, hampir tiap pagi mereka berangkat bersama-sama ke tempat kerja.

Dari Budi pula diperoleh informasi bahwa Syahrir pernah mengikuti latihan militer di Surabaya. "Waktu itu selama tiga bulan, dikirim oleh Garuda," kata Budi. Namun, Budi tak ingat kapan tepatnya Syahrir ke Surabaya.

Dijelaskan dia, pada 2001 Syahrir oleh Garuda dimutasi ke Sulawesi.  Setahun kemudian pada 2002, Syahrir mengundurkan diri dari Garuda Indonesia. "Pengakuannya ingin jihad ke Poso, setelah itu kami putus komunikasi," kata dia ditemui di rumahnya di Perumahan Mutiara Garuda, Kampung Melayu, Teluk Naga, Tangerang, Jumat 21 Agustus 2009.

Menurut Budi, setelah lepas dari Garuda, Syahril pernah bekerja di maskapai Adam Air lalu di Megantara Air. "Terakhir di Megantara, setelah itu nggak tahu lagi ke mana," tambah Budi. Kebenaran cerita Syahrir diragukan. Sebab, informasi yang dia berikan berubah-ubah.

Dikonfirmasi, Vice President Corporate Secretary PT Garuda Indonesia, Pujobroto membenarkan Syahrir pernah bekerja di maskapai tersebut. "Yang bersangkutan sudah keluar dari Garuda tahun 2004," kata Pujobroto. "Jadi, Garuda sama sekali tidak tahu menahu lagi berkaitan dengan yang bersangkutan," tambah dia.

Syahrir diketahui berhubungan keluarga dengan dua tersangka kasus teroris lainnya, Ibrohim dan Saefudin Jaelani. Syahrir adalah kakak Saefudi Jaelani (SJ), sedangkan SJ adalah adik ipar Ibrohim, florist Hotel Ritz Carlton yang diduga jadi aktor utama peledakan Hotel JW Marriott dan Hotel Ritz Carlton pada Jumat 17 Juli 2009.

Ibrohim tewas dalam penggerebekan di Desa Beji, Kecamatan Kedu, Temanggung, Jawa Tengah. Sementara Syahrir dan SJ 'perekrut calon pengantin', kini jadi buruan polisi. (VIVAnews.com)


http//nasional.tvone.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar