Selasa, 28 Desember 2010

Hah, 2 Personil Trio Macan Tewas Akibat Miras
REP
Azmi Azhari
| 27 July 2010 | 03:55
Total Read
1618
Total Comment
33
4 dari 6 Kompasianer menilai Bermanfaat.

saya membaca berita malam ini. “dua janda tewas akibat miras”, hal ini sempat mencengangkan saya. saya kira personil trio macan yang terkenal itu. Saya usut kebenaran berita itu dan mencari berita via mbah “google”. Namun, apa yang saya temui, berita itu benar. Saya kaget, benar ada berita dua janda tewas itu. Hal yang harus di garis bawahi, “trio macan” ini bukan trio macan yang pusat.
Berita yang tertulis di pos kota.co.id, mengatakan bahwa dua janda yang meninggal itu dijuluki trio macan. Mereka berdua tewas akibat miras yang di oplos. Miris sekali saya mendengar berita itu. Masih ada orang yang merelakan hidupnya untuk hal yang demikian.
saya sempat baca artikel tentang macam-macam miras oplosan di detikhealth. Saya akan coba share tentang artikel tersebut.
Miras oplosan adalah sebuah metode mencampurkan alkohol dengan benda-benda tertentu. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepuasan dalam meminum alkohol. Bukan kepuasan yang didapat, alkohol ini membuat para peminumnya keracunan. Berikut adalah macam-macam miras oplosan, yang sering dipakai oleh pemakai.
  1. Miras dengan susu: Miras dengan susu banyak dijual di warung. “susu macan” adalah nama miras jenis oplosan ini.
  2. Miras dengan minuman berenergi: miras yang dicampur dengan minuman berenergi akan mengakibatkan pengurangan bau alkohol yang tajam. Menurut pakar farmasi dari ITB, pak Josep, hal ini bisa mengakibatkan gagal jantung. Efek alkohol yang menengkan akan berlawanan dengan efek minuman berenergi yaitu memicu jantung.
  3. Miras dengan minuman bersoda: Hal ini digunakan untuk mengurangi rasa tidak enak pada alkohol. namun bisa berakibat fatal.
  4. Miras dengan spirtus: Jenis minuman ini jauh lebih murah daripada alkohol jenis biasa. Efek yang dihasilkan yaitu kebutaan dan kematian.
  5. Miras dengan obat-obatan: Dicurigai obat-obatan akan mengakibatkan efek alkohol naik. Obat yang biasa dicampur bermacam-macam, dari tetes mata hingga obat nyamuk. Efek obat ini akan menyebabkan gagal ginjal dan kerusakan hati. Ini akibat kenaikan efek metabolisme. Miras jenis ini dipakai untuk meningkatkan efek mabuk dan “gaya-gayaan” pada para pemabuk.
Ada-ada saja orang yang melakukan ini. Tujuannya apa entahlah. Sobat kompasianer, jangan sampai kita berani mencobanya. Masalah bukan berarti kita buntu. Masalah adalah suatu hal yang membuat kita semakin dewasa..



http// regional.kompasiana.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar